5 Kunci Utama Sukses Bisnis Toko Minimarket
Pada abad ke 20 ini semuanya serasa
berjalan dengan sangat cepat. Tidak terkecuali dalam hal bisnis retail dan
minimarket. Bisnis retail toko dan minimarket akan menghadapi persaingan yang
ketat. Apalagi ditambah retail asing di indonesia yang sudah mmpunyai kekuatan
BRAND dan Keuangan yang kuat. Oleh karena itu agar sukses menjalankan bisnis
retail dan minimarket perlu strategi agar bisnis retail toko dan minimarket
kita kompetitif. Yakni mampu bersaing dengan retail modern maupun asing.
Berikut ini 7 kiatnya :
1. Price promotion.
Setiap bisnis retail toko dan minimarket baik skala kecil, sedang m roduk. Memang strategi harga merupakan
strategi yang bisa dibilang uzur.. namun pada titiknya sendiri strategi ini
masih bisa dibilang manjur. Yang menjadi efektif atau tidaknya strategi ini
adalah kapankan strategi diskon harga di jalankan.?. Beberapa retail toko
modern saat ini sedang marak mengembangkan kreatifitas diskon harga dengan
program midnight sale. Dan ternyata program midnight sale ini masih ampuh dan
disambut antusias oleh konsumen di kota manapun di indonesia.
Kreatifitas dalam harga bisa juga
ditunjukkan dalam bentuk cash back atau beli dua dapat satu atau juga diskon
silang antar produk.
2. Experience Marketing
Apa itu experience marketing ?? .. ya experience marketing merupakan metode
menjual produk tidak hanya jual beli, lebih dari itu di dalam proses penjualan
produk perlunya membuat “experience” yang mampu menjadi daya tarik konsumen
untuk datang ke retail kita.
Disamping produk yang kita jual adalah memang menjadi daya tarik untuk
konsumen datang ke toko kita, namun perlunya menghadirkan pengalaman penjualan
unik bagi seorang konsumen
Ada salah satu contoh “experience’ yang ditampilkan peritel .. “ selamat
datang di indomaret selamat berbelanja” nah itu yang disebut experience
marketing. Ketika kite belanja di indomaret atau alfamart kita akan disuguhi
kata-kata tersebut waktu kita pertama kali datang membuka pintu.. dan saat pulang
pelayan indomaret juga mengucapkan ‘’ terimkasih selamat berbelanja kembali”
Dan berdasarkan riset dari lembaga riset ternama dunia yakni Nielsen bahwa
92% konsumen di indonesia menjadikan pengalman berbelanja sambil berekreasi .
Bahwa konsumen akan semakin banyak berbelanja ketika mereka puas.
Experience marketing ini pada praktekya dapat dikembangkan melalui banyak
panca indra. Semakin panca banyak melibatkan panca indra maka akan semakin kuat
experience marketingnya. Yang termasuk panca indra bisa (penglihatan,pendengaran,
indra perasa, dll),
Misalnya saja waktu saya datang ke toko mirota batik di jalan malioboro,,
pada pintu masuk indra penciuman saya sudah di bauin dengan bau khas toko
tersebut. Semacam dupa yang bisa membuat suasana hati nyaman kemudian di
setelkan musik jawa yang adem ayem tentrem jadi betah deh berlama2 di toko
tersebut. Silahkan anda kunjungi jika ke jogja..rasakan experience marketing
disana.
3. Gunakan teknologi agar bisa berakselarasi tinggi.
Teknologi berperan sangat besar pada industri toko retail dan minimarket di
masa sekarang dan kedepan. Di zaman serba cepat konsumen selalu menuntut anda
sebagai pemilik toko untuk bergerak dengan layanan cepat.
Tanpa teknologi dirasa sangat mustahil untuk bergerak dengan cepat.
Ada tiga macam teknologi yang harus
mampu menyelesaikan masalah berikut :
1.
a. Pelayanan dan
Kecepatan
NEGATIF -Coba bayangkan ketika ada konsumen berbelanja mengantri sampai 10 antrian
dibelakang karena kita tidak hapal harga, atau menghitung manual satu persatu
barang yang dibeli konsumen dengan kalkulator..aduuuuh sangat lamban.
POSITIF – Anda pernah belanja kan di supermarket, atau minimarket seperti indomaret
atau alfamart di tempat anda ???. coba bayangkan pernahkah anda melihat antrian
panjang…?? saya sendiri jawab TIDAK PERNAH.. mereka sangat cepat melayani
pelanggan di kasir. Karena minimarket indomaret dan peritel alfamart sudah
menggunakan perangkat lunak dengan komputer yang ketika barang itu di lewatkan
saja maka komputer sudah mendeteksi hal berikut :
·
Mendeteksi harga Jual barang tersebut
dan langsung tampil di layar komputer
·
Langsung otomatis Mengurangi Stok
·
Langsung otomatis Menambahkan keuntungan
penjualan Per Barang
WOOOW. Keren bukan dengan sekali lewat
maka sudah banyak yang bisa kita dapatkan semuanya otomatis..
b. Inventory/ persediaan barang atau
stok
Nah dengan perangkat lunak tadi
persediaan sudah otomatis tersaji tinggal klik tombol dikomputer maka langsung
kelihatan stok mana yang harus dilakukan pembelian ulang, barang apa saja yang
paling laris
c. Retensi Pelanggan atau mempertahankan
pelanggan
Mempertahankan pelanggan agar selalu
berbelanja ulang di toko kita sangat penting. Nah dengan teknologi perangkat lunak
tadi kita juga bisa mempertahankan pelanggan dari segi kecepatan layanan dan
bisa mempertahankan pelanggan dengan cara diskon khusus misal setiap hari
minggu semua produk toileters diskon 10% hal itu bisa di setting pada perangkat
lunak tadi.
Untuk Solusi perangkat lunak maka
segeralah anda memakainya. Semakin cepat memakai anda semakin cepat beradaptasi
dengan teknologi . jangan ketinggalan dengan minimarket yang lain yang sudah
mulai memakai teknologi. Untuk perangkat lunak bisa saya rekomendasikan dan
dicoba di link berikut
4. Lakukan Co-branding dengan Berbagai Pihak. Semakin banyak semakin baik
Untuk meningkatkan loyality pelanggan secara kontinue maka perital harus
mau melakukan Co-branding dengan berbagai pihak. Tujuannya adalah untuk
memperkuat dan memberikan program-program yang powerfull.
Contoh co-branding powerfull misalnya di toko anda bisa membayar listrik,
kirim uang, beli tiket pesawat.. belanja online .
5. Retail yang majemuk.
Jangan heran apabila kita menemukan toko-toko yang akan menjadi one stop
shopping. Semakin setiap toko ingin meretensi pelanggan maka setiap toko akan
berlomba-lomba untuk menjadi one stop shopping. Misalnya saja apotek yang
digabung dengan minimarket.
Komentar
Posting Komentar