Manajemen Minimarket

Saat ini minimarket sudah menjamur di setiap tempat di Indonesia. Disetiap jalan yang ramai mesti tidak hanya ada 1 minimarket saja. Namun terlihat ada 3 atau lebih berdiri minimarket dengan model waralaba. Lihat saja antara indomart dan alfa mart yang seolah menjadi 2 minimarket yang bersaing ketat. Bagaimana tidak hanya seberang jalan berhadapat terdapat alfamart dan indomart atau bahkan ada yang berjejer.

Berkembanganya minimarket di Indonesia, memicu datangnya peretail asing untuk bersaing dalam usaha retail. Mereka paham betul bagaimana pasar Indonesia potensial untuk urusan retail. Namun usaha retail butuh menajemen yang baik untuk mewujudkan VISI perusahaan agar memenuhi target.
Ada beberapa cara untuk manajemen minimarket yang baik sebagai berikut:

1. SDM yang baik
Mempunyai SDM yang mumpuni dibidang retail mutlak harus dimiliki oleh perusahaan atau waralaba minimarket. Karena SDM yang menunjang kinerja sebuah usaha minimarket. Tempatkan orang yang profsional di bidang-bidang yang ada dalam manajemen minimarket

2. Alat Penunjang
Disini alat penunjang yang dimaksud adalah dalam hal alat operasi dalam usaha minimarket. Tidak mungkin bisa berjalan dengan lancar jika usaha minimarket tidak ditunjang alat-alat yang baik dan bagus. contoh saja software dan hardware. Software yang baik untuk minimarket adalah yang mampu mengatur keuangan, pembelian, penjualan, operasi dan lain-lain. Semakin bagus dan lengkap software minimarket akan semakin terlaksana dengan baik manajemen minimarket.

 3. Evaluasi
Evaluasi disini dilakukan untuk mengkoreksi bagaimana kinerja SDM dan perkembangan usaha minimarket sehingga dapat mencapai target yang diinginkan. Bisa dilakukan sebulan sekali atau satu semester. Tutup buku pertengahan tahun.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Google Sketchup?

Fungsi dan Kegunaan “Heavy Duty Rack”

Pengertian Rak Starting dan Jointing pada Rak Minimarket