Manajemen Ritel
Kata ritel awalnya berasal dari
Bahasa Perancis yaitu ritellier yang memiliki arti memotong atau memecahkan
sesuatu. Retail dapat dipahami sebagai kegiatan yang terlibat dalam penjualan
barang atau jasa kepada konsumen untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk
bisnis. Banyak orang yang beranggapan bahwa retail adalah penjualan produk
ditoko. Sesungguhnya retail juga melibatkan pelayanan jasa delivery service.
Kegiatan yang dilakukan dalam bisnis adalah menjual berbagai produk, jasa,
ataupun keduanya.
Dalam operasionalnya peritel
menjalankan beberapa fungsi, yaitu membantu konsumen menyediakan produk dan
jasa, maupun menambahkan nilai produk. Secara keseluruhan, bisnis ini
membutuhkan implementasi fungsi-fungsi manajemen secara terintegrasi baik
fungsi keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, maupun operasional. Saat ini
konsumen dapat membeli barang yang sama dari sejumlah retail yang berbeda.
Awalnya, retail adalah bisnis lokal, namun saat ini, konsep retail telah
berkembang secara global.
Meskipun banyak definisi yang
dirumuskan, semuanya mengacu pada satu pengertian yaitu suatu seni atau proses
perencanaan dan pengorganisasian. Pergerakan dan pengendalian atas
sumber-sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Pengertian Manajemen.
Manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan penggendalian atas sumber daya
yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Pengertian Retail.
Retail adalah kegiatan yang
terdiri dari aktifitas bisnis yang terlibat dalam menjual barng dan jasa kepada
konsumen untuk kepentingan sendiri ataupun keluarga.
Pengertian Manajemen Retail.
Manajemen Retail adalah
pengaturan keseluruhan factor yang mempengaruhi proses perdagangan retail,
yaitu perdagangan barabng maupun jasa kepada konsumen
Sasaran dalam retail seringkali
ditetapkan berdasarkan factor demografis, geografis dan psikografis. Menetapan
sasaran merupakan syarat untuk mendapatkan strategi bauran retail. Bauran
retail adalah kombinasi dari produk, harga, lokasi, personalia, promosi serta
presentasi tampilan barang dan jasa. /*admin
Komentar
Posting Komentar